Add

Sabtu, 09 Desember 2023

Tips Resolusi Tahun Baru Agar Tercapai - Pena Kehidupan

Resolusi tahun baru merupakan ritual tahunan yang banyak dilakukan oleh banyak orang. Dengan membuat resolusi atau goals orang-orang percaya bahwa mereka akan lebih termotivasi untuk menjalani hidup dan mewujudkan resolusi mereka.

Namun, tahukah kamu bahwa hanya sedikit orang yang bertahan dengan resolusi yang telah mereka buat. Statistik menunjukan hanya 64% orang yang sukses mempertahankan resolusinya setelah 1 bulan.

Lantas bagaimana caanya supaya tidak mudah melupakan resolusi yang dibuat atau tetap termotivasi untuk meraihnya sampai akhir tahun. berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar konsisten dengan resolusi yang kamu buat.

Membuat Resolusi dengan Formula S.M.A.R.T

Banyak artikel dan penelitian yang merekomendasikan kamu untuk menuliskan resolusi, goals, tujuan hidup dan cita-cita dengan formula S.M.A.R.T. Formula ini merupakan sebuah singkatan dari Specific, Measurable, achievable, relevant, dan time-bound.

1. Specific , buat goal yang spesifik

Jika kamu punya resolusi atau goals yang ingin dicapai, maka buat goals tersebut sespesifik mungkin. jangan membuat goals yang masih dalam artian yang luas.

Berikut contoh goals yang kurang spesifik

  • Tahun ini ingin menurunkan berat badan

  • Aku ingin hidup hemat dan menabung

  • Ingin hidup sehat

  • Ingin berubah menjadi lebih baik lagi

Goals di atas bisa diubah menjadi lebih spesifik, misalnya.

  • Tahun ini ingin turun 12 kg atau turun 1 kg tiap bulan

  • Aku akan menabung minimal 100 rb tiap bulan

  • Aku akan Olahraga 2 kali seminggu

  • Aku akan membaca buku satu halaman setiap hari

2. Measurable , Buat Goals yang Bisa Diukur

Semakin jelas dan terukur suatu tujuan akan semakin mudah untuk meraihnya. Kamu bisa membuat goal yang bisa diukur seperti "aku ingin turun berat badan 12 kg" daripada "aku ingin nurunin berat badan"


3. Achievable . mampu untuk diraih

Jangan membuat goals yang membuat kamu insecure duluan sebelum melangkah. Hal tersebut hanya akan membebani pikiran kamu dan berpikir bahwa itu terlalu sulit untuk diraih. Misalnya kamu ingin turun 20 kg dalam waktu satu minggu atau "aku ingin pergi ke mars tahun ini",


4. Relevant , Buat Resolusi yang Kamu Banget

Jangan membuat resolusi hanya karena ikut-ikutan aja, tapi buatlah jika itu memang kamu butuhkan dan membuat hidup kamu lebih produktif. Pikirkan selalu apakan resolusi tahun baru yang kamu buat sesuai dengan tujuan jangka panjang kamu atau tidak.


5. Time-Bound , Buat Batas Waktunya

Jangan membuat resolusi yang tidak jelas kapan waktunya ataupun resolusi yang tidak masuk akal. Misalnya "saya ingin menikah" atau "saya ingin turun berat badan 5 kilo dalam sehari". buatlah deadline untuk setiap goals yang kamu buat, kemudian turunkan goals tersebut menjadi capaian mingguan atau bulanan.


Beberapa Tips Untuk meraih Goals

Beberapa tips dalam mencapai goals hidup

1. Tips 5/25 Warren Buffet

Dalam tips ini kamu harus menuliskan 25 goals yang ingin kamu capai di tahun ini. Setelah itu pilih hanya lima goals yang menurutmu paling penting dan ingin kamu capai. Setelah itu buat kelima goals tadi menjadi lebih spesifik dengan menggunakan formula SMART dengan target bulanan.

2. Pecah Goals Menjadi Sub-sub Kecil

Setelah kamu memiliki goals yang ingin dicapai, pecah goals tersebut kedalam sub-sub kecil yang bisa dicapai bulanan. Misalnya goals “ingin punya 10 juta pertama di akhir tahun”. Maka yang harus kamu lakukan adalah dengan menabung 850 ribu setiap bulannya. Dengan cara ini goals kamu akan lebih realistis dan mudah untuk dicapai

3. Buat To Do List Harian

Setelah kamu punya goals bulanan, selanjutnya adalah membuat to do list yang bisa kamu capai setiap harinya. Ini sangat penting agar kamu tetap on the track dengan tujuan besar kamu. Kamu bisa menggunakan jurnal harian untuk membuat to do list atau menggunakan aplikasi di handphone, yang terpenting kamu bisa mengakses to do list dan bisa membuat ceklis setelah pekerjaan tersebut selesai.

4. Fokus Pada Proses

Ketimbang kamu memikirkan goals kamu setiap hari yang malah akan membuat kamu insecure lebih baik kamu fokus pada proses yang kamu lakukan. Ingatlah jika kamu terus berproses satu persen setiap hari, maka di akhir tahun kamu sudah melakukan perubahan sebesar 365% dari diri kamu di awal tahun. Misal kamu ingin memiliki kosakata bahasa inggris yang banyak, kamu cukup menghafal satu kata dalam setiap harinya maka dalam setahun kosakata yang kamu hafal sudah 365 kata.

Selain fokus pada proses, kamu juga harus menjauhi hal-hal yang tidak mendukung goals kamu. jangan takut untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak mendukung tujuan kamu.

5. Berikan Self  Reward

Berikan Hadiah saat diri kamu berhasil meraih tujuan yang ingin kamu capai. Hal ini akan membuat kamu lebih bahagia dan termotivasi untuk melakukan pencapaian berikutnya. Misalnya hari ini kamu sudah berhasil menyelesaikan to do list harian, maka tidak ada salahnya kamu menonton anime atau drama korea kesukaanmu setelah itu. tapi perlu diingat juga untuk tidak berlebihan memberikan self reward karena itu akan berdampak sebaliknya dan membuat kamu tidak bersemangat lagi.

Jika resolusi tahun baru sebagai tujuan hidup yang ingin kamu capai dengan sungguh-sungguh bukan hanya wacana belaka. Tingkatkan terus kualitas diri kita agar selalu menjadi pribadi yang lebih baik dan menghargai diri sendiri.


J ika tulisan ini bermanfaat jangan lupa share dan komen yaa, b aca juga: Tips mengelola waktu dengan efisien

0 komentar:

Posting Komentar