Add

Selasa, 12 Desember 2023

Eksperimen Sains Menyenangkan: Helikopter Kertas dan Cara Kerjanya - Pena Kehidupan

Apakah anda ingin membuat eksperimen sains yang menyenangkan, sederhana, dan cepat tapi tidak memiliki persiapan dan ide? Cobalah Buat helikopter kertas.
Helikopter kertas cocok untuk mengenalkan sains kepada anak-anak, khususnya anak usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Dalam aktivitas ini anak-anak akan mengenal bagaimana gaya gravitasi dan hambatan udara bekerjasama untuk menciptakan putaran helikopter kertas yang indah dan menyenangkan.

Aktivitas ini cocok untuk anda yang mengajar jenjang sekolah dasar dan bisa diaplikasikan dengan model pembelajaran inquiry. Bahkan untuk anda yang mengajar jenjang sekolah menengah juga bisa melakukan aktivitas sederhana ini dengan model pembelajaran STEAM dan menganalisis bagaimana fisika bekerja pada helikopter kertas ini.

Berikut Cara membuat helikopter kertas.

  • Alat dan bahan

Kertas HVS atau karton, paper clip, gunting

  • Langkah-langkah
1. Potong kertas berbentuk persegi panjang (P = 10 cm, L = 3 cm)


2. Potong bagian luar helikopter mengikuti garis biru yang sudah dibuat
3. Lipat Potongan samping untuk membuat ekor helikopter

4. Pasang klip kertas pada ujung ekor helikopter

5. Lipat satu sayap menghadap anda dan satu sayap menjauhi anda membentuk baling-baling


6. Jatuhkan helikopter dari tempat yang tinggi dan lihatlah hasilnya


Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Selain mudah tentu jika helikopter kertas dapat berputar dengan bagus menjadi kesenangan sendiri buat anak-anak. Lantas mengapa sih helikopter kertas tersebut dapat berputar dan konsep fisika apa yang memengaruhinya, berikut penjelasannya.

Pertama, helikopter kertas dapat terjatuh kebawah karena adanya gaya gravitasi. Namun, karena ada udara maka udara memberikan gaya gesek yang arahnya ke atas sehingga helikopter kertas tidak langsung jatuh melainkan perlahan-lahan.

Lantas kenapa baling-balingnya bisa berputar? Perhatikan gambar berikut.
Baling-baling berputar karena ketika helikopter kertas dijatuhkan, arah gerak udara yang mengarah ke atas menumbuk bagian bawah baling-baling tersebut yang menyebabkan tekanannya menjadi lebih besar daripada bagian yang tidak ada baling-balingnya. Perbedaan tekanan ini yang menyebabkan adanya gaya yang bertolak belakang pada kedua baling-baling.


Helikopter Kertas Sebagai Kegiatan Pembelajaran



Helikopter kertas ini bisa dipadukan dengan model pembelajaran inquiry yang terdiri dari beberapa langkah yaitu orientasi masalah, merumuskan masalah, membuat hipotesis, eksplorasi, menguji hipotesis dan membuat kesimpulan.

  • Orientasi

Pada tahap ini anda bisa menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan serta alat dan bahan yang akan digunakan. Menyampaikan tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan yaitu "mendeskripsikan bagaimana gaya bekerja pada benda yang sedang bergerak".

  • Merumuskan Masalah

Pada tahap ini anda bisa mengajukan pertanyaan seperti
  1. Apa yang akan terjadi jika helikopter kertas ini dijatuhkan?
  2. Mengapa helikopter kertas ini bisa berputar?
  3. Mengapa dia jatuh dengan perlahan?
  4. Bisakah kita merubah putarannya menjadi lebih cepat atau sebaliknya?
  5. Bagaimana agar jatuhnya lebih cepat atau lebih lambat?
  6. Bisakah kita merubah arah putarannya?

  • Membuat Hipotesis

Ajak anak untuk membuat dugaan sementara mengenai rumusan masalah yang sudah dibuat. biarkan mereka menebak apa yang akan terjadi atau cara apa yang harus ditempuh untuk menjawab pertanyaan.

  • Eksplorasi

Biarkan anak mencari tahu dan mencoba apa yang harus dilakukan agar pertanyaan mereka terjawab. Di sini guru bisa mengarahkan anak untuk menentukan variabel-variabel yang ada dalam kegiatan ini serta mengumpulkan data-data yang diperlukan.
  • Variabel bebas:
  1. Panjang baling-baling
  2. Lebar badan
  3. Panjang ekor
  • Variabel terikat:
  1. Lama helikopter di udara
  • Variabel kontrol
  1. Ukuran kertas
  2. Massa kertas
  3. Jenis kertas
  4. Ketinggian saat helikopter kertas dijatuhkan

  • Menguji Hipotesis

Pada tahap ini anak-anak dibiarkan untuk mencoba membuktikan hipotesis yang mereka buat dengan cara mengubah-ubah variabel bebas yang ada.

  • Membuat kesimpulan

Setelah anak-anak melakukan semua tahapan di atas mereka akan mampu menyimpulkan atau menjawab pertanyaan yang sudah diajukan di awal.

Eksperimen Helikopter kertas menawarkan kepada guru atau orangtua untuk mengenakan sains kepada anak-anak dengan cara yang murah dan mudah. Eksperimen ini juga cocok untuk pembelajaran inquiry maupun STEM dalam rangka mengeksplorasi pemikiran ilmiah anak-anak. Dari kegiatan ini juga anak dikenalkan cara sistematis untuk memecahkan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data secara prosedural dan menginterpretasikan data untuk menarik kesimpulan.

0 komentar:

Posting Komentar