Add

Sabtu, 09 Desember 2023

CARA MEMBUAT HOMOPOLAR MOTOR DAN PRINSIP KERJANYA - Pena Kehidupan

Hallo saintis_Pada percobaan sederhana kita kali ini akan membuktikan bagaimana cara membuat homopolar motor sederhana yang mungkin sudah sering kita lihat di tiktok ataupun youtube. Sebetulnya cara kerja dari motor ini sangat sederhana tetapi akan sangat berguna untuk mendemonstrasikan bagaiman listrik magnet bekerja. Selain itu, eksperimen sederhana ini akan sangat menyenangkan jika kita berhasil membuatnya dan mampu untuk menjelaskan konsepnya.

Lalu apakah kamu tahu bagaimana cara membuat motor listrik tersebut? atau bagaimana cara kerja motor listrik sehingga bisa dimanfaatkan pada berbagai macam teknologi? pada percobaan sederhana kali ini kita akan mempelajari sekaligus membuat salah satu motor listrik sederhana yang disebut sebagai homopolar motor. Penasaran bagaimana caranya, yukk baca sampai selesai.

Alat dan Bahan

  • Baterai AA
  • Magnet Nodium silinder seukuran diamter bateri
  • Kawat tembaga (kawat harus cukup fleksibel sehingga kita bisa menekuknya dengan tangan tapi harus cukup kuat untuk menahan bentuknya.
  • Guntung atau pemotong kawat

Langkah-langkah Percobaan

  1. Letakan baterai secara vertikal di atas magnet
  2. Potong seutas kawat. Tekuk salah satu ujungnya menjadi pengait dan ujung lainnya menjadi lingkaran seperti gambar. Kamu juga bisa mencoba bentuk lain seperti hati atau spiral. Tujuannya adalah agar salah satu ujung kawat seimbang berada di ujung baterai, sedangkan ujung lainnya menyentuh sisi magnet.
  3. Seimbangkan potongan kawat di ujung baterai. Pastikan bagian bawah kawat menyentuh sisi magnet. Jika tidak, Anda mungkin perlu menyesuaikan bentuk kawatnya.
  4. Perhatikan baik-baik dan kawat akan mulai berputar! Jika tidak berputar, pastikan kabel menyentuh bagian atas baterai dan bagian samping magnet. Jika kawat bergoyang dan jatuh, kamu mungkin perlu menyesuaikan kawatnya atau mencoba bentuk lain. Coba terus jangan menyerah yaa..

Penjelasan Prinsip Kerja Homopolar Motor

Motor homopolar adalah tipe motor listrik sederhana yang beroperasi dengan prinsip arus listrik yang mengalir melalui medan magnet statis. Ini adalah motor yang sangat dasar dan sering digunakan sebagai demonstrasi ilmiah di kelas-kelas sains.
Cara kerja homopolar motor
Sumber : Weise, dkk. 2011


Motor homopolar terdiri dari beberapa komponen utama yaitu:

Magnet: Magnet (biasanya berbentuk cakram atau silinder) menciptakan medan magnet yang tetap.

Baterai: Baterai digunakan untuk menyediakan sumber arus listrik. Salah satu ujung baterai terhubung ke kawat yang bersentuhan dengan permukaan bawah magnet.

Kawat: Kawat tersebut membentuk hubungan elektris antara salah satu kutub baterai dan permukaan bawah magnet.

Ketika sirkuit atau loop lengkap terbentuk (melalui kawat, baterai, dan magnet), arus listrik mulai mengalir dari salah satu kutub baterai, melewati kawat, dan masuk ke permukaan bawah magnet. Ketika arus listrik mengalir melalui medan magnet, terjadi interaksi antara medan magnet dan arus tersebut, yang menciptakan gaya Lorentz.

Gaya Lorentz ini mendorong kawat dalam sebuah gerakan berputar. Karena arus listrik selalu mengalir dalam satu arah dan medan magnet statis, polaritas (arah) arus listrik dan medan magnet tidak berubah, itulah mengapa motor ini disebut "homopolar."

Meskipun motor homopolar adalah motor yang sangat sederhana. Tetapi prinsipnya menjadi dasar bagi banyak motor listrik yang digunakan dalam perangkat dan kendaraan modern dengan sistem yang lebih kompleks. percobaan sains ini merupakan contoh yang bagus untuk mengetahui bagaimana energi listrik dapat diubah menjadi energi mekanik dengan menggunakan interaksi antara medan magnet dan arus listrik.

0 komentar:

Posting Komentar