Add

Selasa, 12 Desember 2023

Berlaku Lemah Lembutlah - Pena Kehidupan

Tidak dipungkiri setiap diri dari kita pasti pernah merasa emosi, tidak sabaran, gegabah dan penuh ketidak hati-hatian.

Bahkan ketika kita hendak mengajak orang lain pada kebaikan, kadangkala kita tidak cukup sabar atau mengajak dengan metode yang salah, yang  pada akhirnya justru malah menjauhkan orang tersebut dari kebaikan. Nauzubillah..

Dalam hadist dikatakan "sesungguhnya orang mukmin itu laksana lebah, yang makan makanan yang baik dan mengeluarkan sesuatu yang baik. Dan jika hinggap pada sebatang ranting tidak membuatnya patah." Hadits yang sangat indah untuk menggambarkan pribadi seorang mukmin. Nah harapannya setiap diri yang merasa beriman kita harus senantiasa menuju ke arah sana.

Mentor ku pernah bertanya, kamu mau jadi tipe teman seperti apa? yang dicari dan dirindukan dikala tidak ada dalam sebuah pertemuan, yang tidak dicari ataupun dirindukan dimana orang cenderung biasa-biasa saja, atau orang yang tidak diharapkan dan tidak dirindukan dalam sebuah pertemuan. Hayo, kita sudah pada tingkatan mana dalam menjalin sebuah hubungan dengan orang lain, jangan sampai kita justru orang yang tidak diharapkan kehadirannya. Serem bukan hhe...

Analogi dakwah atau mengajak orang lain kepada kebaikan itu seperti pohon kecil yang kita tanam di halaman rumah. Jika kita menyiramnya sedikit demi sedikit, maka air itu akan diserap oleh tumbuhan itu dan menyegarkan nya. Namun dengan ukuran air yang sama kita siramkan kepada pohon yang baru kita tanam itu sekaligus, maka tanaman itu akan tercabut dan akhirnya mati. Materi yang diberikannya sama tapi caranya berbeda yakni penuh kelembutan.

"Maka, disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu berhati keras lagi kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu" (Q:S 2:159)


Semoga bermanfaat :)


0 komentar:

Posting Komentar