Add

Sabtu, 09 Desember 2023

Manajemen Waktu : Tips Mengelola Waktu Dengan Efisien - Pena Kehidupan


Manajemen waktu - Manajemen waktu merupakan hal yang paling krusial dalam hidup manusia. Sukses tidaknya seseorang dapat dilihat dari bagaimana dia memanage waktu yang ada untuk menciptakan sesuatu yang produktif. Waktu adalah hal paling berharga yang dimiliki manusia dan tidak bisa kembali. Maka dari itu, Manajemen waktu merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh manusia.


Pengertian Manajemen Waktu


Manajemen waktu adalah perencanaan dan pengaturan waktu yang digunakan setiap hari dalam melaksanakan semua aktivitas yang ada, berdasarkan pada skala prioritas dan jadwal yang telah ditentukan, sehingga individu dapat menggunakan waktu secara efektif dan efisien (Sasmita E, 2013).


Manajemen waktu adalah sebuah seni untuk hidup teratur demi menghasilkan karya yang berguna. Oleh karena itu, memanage waktu haruslah menimbulkan suatu kebahagiaan, keindahan dan karya yang berguna.


Manajemen waktu adalah proses merencanakan dan mengatur penggunaan waktu Anda untuk mencapai tujuan tertentu. Ini melibatkan penetapan prioritas, menetapkan tujuan, dan membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut dalam jangka waktu tertentu.


Jean de La Bruyere mengatakan: “mereka yang mempergunakan waktunya secara serampangan, adalah juga mereka yang pertama mengeluh akan ketiadaan waktu”


Orang yang tidak merencanakan waktu dengan matang dan tidak memanfaatkan waktu yang dimiliki secara maksimal, hidupnya akan menjadi tidak teratur dan tidak terarah. Seringkali kita melihat ada orang yang terlihat sibuk, namun tidak ada yang dihasilkan. Hal itu karena manajemen waktu yang dilakukan kurang terarah.


Dalam manajemen waktu ubahlah mindset kita dari “saya sudah melakukan banyak hal” menjadi “saya sudah menghasilkan banyak hal”. Dari kesibukan yang banyak, menjadi produktivitas yang tinggi. Ingat, sibuk dengan produktif itu dua hal yang berbeda. kamu bisa saja sibuk sepanjang hari, tapi jika tidak produktif maka karya yang kamu hasilkan akan sangat sedikit.


Urgensi Manajemen Waktu


“Dua nikmat yang kebanyakan manusia rugi di dalamnya : Kesehatan dan kesempatan”

(HR Bukhari)

Waktu adalah kehidupan, barangsiapa yang menyia-nyiakan waktu maka ia telah menyia-nyiakan hidupnya. Dalam hidup ini kita juga perlu sadar bahwa kewajiban lebih banyak daripada waktu yang tersedia. Maka dari itu, Manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.


Kita pasti tahu, ‘kan, semua manusia memiliki porsi waktu yang sama setiap harinya, yaitu 24 jam. Apa saja yang kita lakukan untuk menghabiskan waktu sebanyak itu?  Tugas mana yang harus diutamakan? Tugas mana yang harus dikerjakan nanti? emang bisa dalam 24 jam kita melakukan itu semua?


Kenapa ada orang yang mampu menghasilkan banyak karya, melakukan berbagai  kegiatan dalam kesehariannya. sedangkan di sisi lain ada orang yang merasa kurang akan waktu yang dimilikinya. Padahal waktu yang dimiliki sama 24 jam dalam sehari.


Coba pikirkan lagi, kegiatan kita sehari-hari kebanyakan bermanfaat atau tidak? Jangan sampai waktu hidup kita didominasi oleh kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat atau bahkan membuat diri kita sendiri rugi. Ingatlah, Waktu tidak akan terulang dan kita tidak akan pernah menyadari betapa pentingnya waktu yang telah kita sia-siakan sampai akhirnya tidak ada lagi waktu yang tersisa.


Ingatlah, dunia ini hanya terbagi menjadi tiga hari. Hari kemarin, hari ini, dan hari besok.

Hari kemarin , yaitu masa lalu yang tidak akan terulang.

Hari ini , merupakan hari dimana kita berkarya dan beramal.

Hari besok , yang merupakan masa depan dan belum tentu akan menemuinya.


Skill Dasar Dalam Manajemen Waktu


Dalam manajemen waktu ada tiga skill dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yaitu.


  1. Awareness : Berpikir secara realistis, bahwa waktu merupakan sumber daya terbatas yang kamu miliki dan sangat berharga.

  2. Arrangement : Merancang dan menyusun tujuan, rencana, jadwal, dan pekerjaan secara efektif menggunakan waktu.

  3. Adaptation : Memonitor waktu yang kamu gunakan pada saat beraktivitas, termasuk menyesuaikan diri dengan gangguan atau perubahan prioritas yang bisa terjadi kapan saja.


Tips Dalam Manajemen Waktu


Keterampilan manajemen waktu yang baik dapat membantu Anda menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat, mengurangi stres, dan menjadi lebih produktif.


  1. Tetapkan Goals atau Tujuan spesifik


Goals atau tujuan adalah motivasi paling penting dalam menjalani kehidupan termasuk dalam manajemen waktu. Cobalah identifikasi apa yang ingin anda capai dalam hidup dan buat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Usahakan tujuan yang anda buat adalah tujuan yang SMART.


  1. Gunakan Perencanaan


Setelah anda menemukan tujuan hidup anda, berikutnya adalah membuat perencanaan. Rencanakan apa yang akan anda lakukan agar tujuan hidup tersebut dapat tercapai.


Breakdown goals anda  menjadi tujuan-tujuan kecil yang bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lebih singkat tetapi mendukung tujuan utama anda. Pantau rencana tersebut dan tenggat waktunya menggunakan perencana atau kalender.


  1. Buat To Do List


Tuliskan semua yang perlu Anda lakukan dalam satu hari, minggu, atau bulan dan coret item saat Anda menyelesaikannya atau buat kotak ceklis di sampingnya. Perkirakan pula waktu yang dibutuhkan untuk setiap tugas. Tetapkan jumlah waktu yang realistis untuk setiap tugas di daftar tugas anda, dan perhatikan berapa lama sebenarnya waktu yang dibutuhkan setiap tugas.


Dalam membuat To do list anda bisa menggunakan aplikasi ataupun menulisnya di buku khusus yang biasa anda gunakan untuk memantau kegiatan anda. Selain itu anda juga bisa melakukan aplikasi time trecker untuk mengetahui jumlah waktu yang anda perlukan untuk menyelesaikan masing-masing daftar tugas yang anda buat.


  1. Prioritaskan Tugas


Berikutnya yaitu menentukan prioritas. Tentukan kegiatan apa yang mendukung goals anda, beranilah untuk mengatakan tidak pada kegiatan-kegiatan yang tidak mendukung tujuan jangka panjang anda.


Tentukan tugas mana yang paling penting dan selesaikan terlebih dahulu. Untuk membuat prioritas ini biasanya digunakan kuadran waktu melakukannya. Kuadran waktu ini sendiri terdiri dari tugas-tugas yang dikategorikan menjadi empat kategori yaitu: Penting dan mendesak , Tidak penting dan mendesak , Tidak penting dan tidak mendesak , Penting dan tidak mendesak .


  1. Hindari Penundaan


Menunda tugas yang tidak mendesak atau penting, dan fokus menyelesaikan tugas yang paling penting terlebih dahulu. Setelah itu anda juga perlu melakukan tugas yang penting tetapi tidak mendesak tetapi berdampak besar pada tujuan jangka panjang anda. Misalnya anda ingin kuliah di luar negeri, maka anda harus belajar bahasa inggris walaupun itu tidak mendesak.


Ingat kembali tentang urgensi waktu, bahwa waktu itu sangat berarti dan tidak bisa kembali. maka manfaatkan waktu yang anda miliki untuk menyelesaikan tugas-tugas anda.


  1. Hindari gangguan


Matikan telepon Anda, keluar dari media sosial, dan ciptakan ruang kerja yang tenang untuk meminimalkan gangguan. Disiplin terhadap tugas harian yang anda lakukan agar tetap fokus dan berada di jalur yang dapat mencapai tujuan jangka panjang anda.


Gangguan terbesar dalam melaksanakan tugas di masa sekarang adalah gawai. Maka usahakan ketika anda mau mengerjakan sesuatu jauhkan gawai dari jangkauan anda dan matikan notifikasinya. Begitupun dengan suasana sekitar,ketika anda hendak melakukan tugas carilah tempat khusus yang jauh dari gangguan orang luar.


  1. Hindari Multitasking


Multitasking tidak akan membuat tugas anda cepat selesai. Berdasarkan penelitian multitasking justru akan menghambat produktifitas anda sebesar 40 persen. Perspektif bahwa multitasking bisa mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu itu hanya ada dalam pikiran saja. Nyatanya otak anda justru kelelahan karena tidak dapat fokus dalam satu kegiatan. Ingat berfokus pada satu tugas pada satu waktu dapat membantu Anda bekerja lebih efisien dan efektif.


  1. Delegasikan tugas


Jika Anda memiliki terlalu banyak tugas, pertimbangkan untuk mendelegasikan tugas kepada orang lain untuk meluangkan waktu anda. Pilah tugas yang benar-benar harus anda kerjakan dan tugas yang bisa dikerjakan oleh orang lain.


  1. Berani Mengatakan Tidak


Belajar untuk mengatakan tidak pada sesuatu yang tidak mendukung goals anda. Jangan terlalu memaksakan diri dengan mengambil terlalu banyak tugas atau tanggung jawab. Ingatlah tubuh anda perlu istirahat. Tidak semua hal adalah tanggung jawab anda, berhentilah untuk membahagiakan semua orang.


  1. Bersikaplah fleksibel


Bersedia menyesuaikan jadwal dan prioritas Anda sesuai kebutuhan. Meskipun anda dituntut untuk disiplin terhadap jadwal yang sudah ditentukan bukan berarti anda tidak boleh merubah itu. Jika memang ada situasi dan kondisi yang di luar rencana, maka tidak ada salahnya ada menyesuaikan kembali jadwal anda berdasarkan kebutuhannya.


  1. Gunakan Teknologi dengan Bijak


Gunakan alat seperti aplikasi produktivitas dan perangkat lunak pelacakan waktu untuk membantu anda tetap teratur dan sesuai rencana. Misalnya untuk membuat To do List anda dapat menggunakan google keep. Untuk membuat jadwal anda bisa menggunakan google kalender, dll.


  1. Jaga Kesehatan


Beristirahatlah dengan cukup untuk mengisi ulang dan memfokuskan diri kembali. Jaga diri diri anda, Pastikan anda cukup tidur, berolahraga, dan istirahat untuk menghindari kelelahan dan menjaga tingkat energi Anda.


Usahakan dalam seminggu anda melakukan olahraga, karena ini akan berdampak besar terhadap kesehatan anda. Jika anda tidak mampu olahraga di luar, maka anda bisa melakukan exercise di rumah setiap pagi minimal 30 menit.


Dengan mengikuti tips ini, Saya harap Anda dapat meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda dan menjadi lebih produktif dan efisien dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.


0 komentar:

Posting Komentar