Add

Sabtu, 09 Desember 2023

Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasannya - Pena Kehidupan

Kemampuan Penalaran umum dalam UTBK-SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) menjadi salah satu faktor penentu masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan latihan soal UTBK secara rutin.

Dalam artikel ini, akan disajikan beberapa contoh soal Penalaran umum UTBK beserta jawabannya sebagai bahan latihan bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti ujian tersebut. Melalui latihan soal, diharapkan kamu bisa mengasah kemampuan dalam mengerjakan soal-soal UTBK dan meningkatkan peluang untuk diterima di perguruan tinggi pilihan kamu.

Latihan Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT 2023, Tipe Pernyataan Benar dan Menarik Kesimpulan

Soal No.1

Pulang kampung merupakan hal yang dilakukan banyak orang saat libur lebaran. Tidak ada orang yang tidak rindu kampung halaman saat bekerja jauh dari tempat kelahirannya. Pulang kampung biasanya bukan sekadar bertemu keluarga besar, tetapi sekaligus liburan ke tempat-tempat wisata di daerah asal untuk melepas penat setelah satu tahun bekerja. Pernyataan yang pasti benar dari informasi tersebut adalah….

A. Sebagian orang tidak rindu kampung halaman saat bekerja jauh dari tempat kelahirannya.

B. Semua orang tidak rindu kampung halaman saat bekerja jauh dari tempat kelahirannya.

C. Sebagian orang rindu kampung halaman saat bekerja jauh dari kampung halamannya.

D. Semua orang rindu kampung halaman saat bekerja jauh dari tempat kelahirannya.

E. Tidak ada orang rindu kampung halaman saat bekerja jauh dari tempat kelahirannya.

Kunci: D

Pembahasan:

Pertanyaan di atas menanyakan pernyataan yang pasti benar berdasarkan informasi yang diberikan. Maka berdasarkan kalimat pada pilihan jawaban pernyataan yang sesuai ada pada kalimat kedua teks. Opsi D adalah jawaban karena kalimat “tidak ada orang yang tidak rindu” memiliki arti yang sama dengan semua orang rindu

Soal No.2

Presiden FIFA Gianni Infantino kala itu mengumumkan bahwa Indonesia terpilih sebagai tuan rumah, mengalahkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri untuk menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Banyak orang yang merasa bahagia dengan kabar tersebut karena bisa menjadi titik tolak pesepak bola muda Indonesia. Jika Timnas U-20 berhasil juara, semua rakyat Indonesia merasa sangat bangga. saat ini rakyat Indonesia merasa tidak bangga. Pernyataan yang PASTI BENAR adalah....

A. Saat ini Timnas U-20 berhasil juara.

B. Saat ini Timnas U-20 tidak berhasil juara.

C. Saat ini Indonesia berhasil menjadi tuan rumah.

D. Saat ini Indonesia tidak berhasil menjadi tuan rumah.

E. Tidak ada kesimpulan.

Kunci: B

Pembahasan:

Untuk mencari pernyataan yang pasti benar dalam teks, kita bisa meninjau informasi yang diberikan kemudian menuliskannya dalam bentuk premis. Untuk soal ini kita misalkan:

P = Timnas U-20 berhasil juara,

Q = Semua rakyat Indonesia merasa sangat bangga.

Jika yang terjadi adalah negasi dari pernyataan Q, maka yang terjadi adalah negasi dari pernyataan P, maka opsi (B) jawaban yang benar yaitu saat ini timnas U-20 tidak berhasil juara.


Soal No.3

Semua burung memiliki dua buah sayap. Tidak ada burung kecuali berkaki dua. Semua yang memiliki dua sayap dan berkaki dua berkembangbiak dengan cara bertelur. Kesimpulan yang PASTI BENAR adalah....

A. Jika ada yang memiliki dua sayap sudah pasti burung.

B. Semua burung bersayap tetapi tidak semua berkaki dua.

C. semua burung memiliki dua sayap atau berkaki dua.

D. Tidak ada burung yang tidak berkembangbiak dengan cara bertelur.

E. Jika berkembangbiak dengan cara bertelur sudah pasti burung.

Kunci: D

Pembahasan:

Soal tersebut menanyakan tentang kesimpulan yang pasti benar. Ketika ingin menyimpulkan maka harus pilih yang mencakup keseluruhan teks. Opsi D adalah pilihan jawaban yang benar karena tidak ada burung yang tidak berkembang biak memiliki arti yang sama dengan semua burung berkembangbiak dengan cara bertelur.


Soal No.4

Hari ini Ani dan Budi berencana untuk membeli menu berbuka puasa di luar. Jika Ani membeli es buah, maka Budi membeli gorengan sebagai pelengkap. Jika Ani membeli ayam bakar, maka Budi akan membeli ikan goreng. Ternyata Ani memutuskan untuk membeli es buah dan Budi membeli Bakso. Pernyataan yang MUNGKIN SALAH adalah....

A. Ani dan Budi membeli es buah.

B. Ani tidak membeli ayam bakar.

C. Ani dan Budi membeli bakso.

D. Ani membeli es buah dan ayam bakar.

E. Ani tidak membeli es buah.

Kunci: E

Pembahasan:

Untuk soal dengan pertanyaan menanyakan “pernyataan yang mungkin” membolehkan kita untuk berasumsi di luar dari teks tetapi masih relewan dengan informasi yang diberikan. Opsi E merupakan jawaban karena sudah jelas bahwa Ani memutuskan untuk membeli es buah, kenapa jawabannya mungkin salah karena ini baru rencana belum benar-benar terjadi.


Soal No.5

Semua calon nasabah mengisi formulir sebelum mengajukan pembukaan rekening bank. Formulir yang harus diisi harus dilengkapi dengan tanda tangan dari nasabah yang bersangkutan. Sebagian calon nasabah membawa NPWP. NPWP diwajibkan untuk calon nasabah yang sudah bekerja. Kartu ATM yang diberikan untuk calon nasabah yang belum bekerja bukan berwarna emas. Pernyataan yang PASTI SALAH dari informasi tersebut adalah….

A. Seluruh calon nasabah yang sudah bekerja membawa NPWP.

B. Kartu ATM nasabah yang sudah bekerja berwarna emas.

C. Sebagian calon nasabah mengisi formulir dan membawa NPWP.

D. Seluruh calon nasabah mengisi formulir dan membawa NPWP.

E. Kartu ATM untuk calon nasabah yang belum bekerja berwarna perak.

Kunci: D

Pembahasan:

Untuk soal dengan pertanyaan yang menanyakan “pernyataan yang pasti” maka informasi harus berada di teks. Opsi D adalah jawaban yang benar. Karena di teks dikatakan sebagian calon nasabah membawa NPWP berarti ada calon nasabah yang tidak membawa NPWP.


Soal No.6

Saat pergi ke stadion kita bisa melihat pemain sepak bola sedang bermain. Semua pemain sepakbola dapat bermain maksimal 120 menit. Tim A merupakan bagian dari pemain sepakbola yang tidak bisa bermain selama 120 menit. Untuk menjadi pemain sepakbola diperlukan seleksi yang ketat. Mereka yang tidak memiliki skills tidak bisa menjadi pemain sepakbola. Mereka yang menggunakan kacamata akan langsung gagal dalam seleksi menjadi pemain sepak bola.

Pernyataan yang MUNGKIN BENAR adalah....

A. Semua anggota tim A tidak menggunakan kacamata dapat bermain 120 menit.

B. Sebagian pemain sepak bola tidak dapat bermain mempunyai skills.

C. Semua anggota tim A bukan pemain sepakbola yang dapat bermain 120 menit.

D. Sebagian pemain sepakbola adalah anggota tim A yang menggunakan kacamata.

E. Sebagian anggota tim A tidak dapat bermain jika menggunakan kacamata.

Kunci: C

Pembahasan:

Untuk dapat menjawab pertanyaan seperti ini kita perlu membreakdown satu-satu pilihan jawaban yang ada. Opsi C merupakan jawaban yang benar karena semua anggota tim A tidak bisa bermain selama 120 menit.


Soal No.7

Beberapa mahasiswa memiliki penyakit maag akut. Semua yang memiliki penyakit maag akut adalah anak kost. Sebagian dari mahasiswa mulai memeriksakan diri ke dokter agar tidak mengalami penyakit tersebut. Fakta yang ditemukan bagi mahasiswa yang memeriksakan diri bahwa yang memiliki penyakit maag akut adalah mereka yang sering mengkonsumsi makanan pedas. Pernyataan yang PASTI BENAR adalah....

A. Semua mahasiswa yang memiliki maag akut sering mengkonsumsi makanan pedas.

B. Semua mahasiswa yang ngekost memiliki penyakit maag akut.

C. Ada mahasiswa yang memiliki maag akut dan sering mengkonsumsi makanan pedas.

D. Semua yang mahasiswa tidak memiliki maag akut tidak tinggal di kostan.

E. Ada mahasiswa yang memiliki maag akut tidak tinggal di kosan.

Kunci: C

Pembahasan:

Dalam teks dikatakan bahwa hanya beberapa mahasiswa yang memiliki maag akut dan semua penderita adalah anak kost. Sebagian memeriksakan diri ke dokter dan ditemukan penyebabnya karena sering mengkonsumsi makanan pedas. Opsi C adalah jawaban yang benar karena yang memeriksakan diri ke dokter hanya sebagian dari mahasiswa, sehingga ada mahasiswa yang memiliki maag akut dan sering mengkonsumsi pedas.


Soal No.8

Harga 3 kg mangga dan 3 kg jeruk adalah Rp. 120.000 sedangkan harga 1 kg pisang dan 2 kg jeruk adalah Rp. 30.000. Jika harga 1 kg jeruk lebih mahal dari 1 kg pisang maka pernyataan yang paling MUNGKIN BENAR adalah....

A. Harga mangga lebih mahal dari jeruk.

B. Harga jeruk lebih mahal dari mangga.

C. Harga pisang lebih mahal dari mangga.

D. Harga pisang lebih mahal dari jeruk.

E. Harga jeruk termahal dari yang lainnya.

Kunci: A

Pembahasan:

Dalam teks dikatakan bahwa harga jeruk lebih mahal daripada pisang, maka kita bisa misalkan:

1 kg jeruk = 11.000

1 kg pisang = 8.000

3 kg mangga = 120.000 – (3 x 111.000) = 87.000 atau 29.000/kg

Sehingga Harga mangga > harga jeruk > harga pisang, maka Opsi (A) adalah jawaban yang benar


Soal No.9

Pada tanggal 21 november 2022 telah terjadi gempa bumi di cianjur. Relawan dari instansi pemerintahan dan berbagai organisasi kerelawanan turun tangan untuk memberikan bantuan. Setelah melakukan assesmen lapangan diputuskan bahwa korban gempa yang rumahnya rusak berat akan mendapat bantuan dan hadiah. Yusuf adalah korban yang menerima bantuan, tetapi tidak menerima hadiah.

Kesimpulan yang pasti benar adalah....

(A) Yusuf adalah korban yang rumahnya rusak berat.

(B) Yusuf adalah korban yang rumahnya tidak rusak.

(C) Yusuf adalah korban yang berhak menerima hadiah

(D) Yusuf adalah korban yang tidak berhak menerima hadiah

(E) Yusuf adalah korban yang rumahnya rusak ringan


Soal No.10

Buah jambu memiliki kandungan vitamin C lebih kaya daripada buah jeruk. Buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C lebih sehat dan lebih tinggi kandungan antioksidannya. Simpulan yang tepat adalah….

(A) Buah jeruk lebih sehat dan lebih tinggi kandungan antioksidannya

(B) Buah jeruk tidak lebih sehat dan lebih tinggi kandungan antioksidannya

(C) Buah jeruk tidak lebih sehat dan tidak lebih tinggi kandungan antioksidannya

(D) Buah jeruk lebih sehat dan lebih tinggi kandungan antioksidannya

(E) Buah jeruk sama sehat dan sama kandungan antioksidannya dengan buah jambu


Melakukan latihan soal UTBK secara rutin merupakan salah satu cara efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian tersebut. Selain meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal, latihan juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa cemas saat menghadapi UTBK.

Oleh karena itu, bagi kamu yang akan mengikuti UTBK, disarankan untuk melakukan latihan soal secara teratur dan memanfaatkan berbagai sumber latihan yang tersedia, termasuk contoh soal UTBK seperti yang telah disajikan dalam artikel ini. Dengan persiapan yang matang dan tekad yang kuat, diharapkan kamu dapat berhasil menghadapi UTBK dan meraih impian untuk diterima di perguruan tinggi pilihan mereka.

Jika kamu ingin latihan soal lain atau belajar untuk persiapan UTBK silahkan komen di bawah yaa,

0 komentar:

Posting Komentar