Add

Selasa, 12 Desember 2023

Nasihat Sabar - Pena Kehidupan

Kadang suka heran sama orang-orang yang nyinyir terhadap orang yang menasehati temannya untuk sabar. Misalnya si A curhat sama si B, terus si B bilang yang sabar yaa. Si A atau netizen biasanya malah nyinyir terhadap apa yang dilakukan si B. Emang sih kalau kita curhat sama orang terus jawabannya gitu kadang kita kesel dan merasa gak puas. sampai sejauh ini saya juga setuju wkwk

Tapi coba kita renungi kalimat ini "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." Nah sudah ada bayangan? dalam kalimat itu dikatakan bahwa jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Ini kan salah satu perintah buat sabar, lalu siapa yang memerintahkannya? Apakah kita akan kesal kepada zat yang mengungkapkan kalimat tersebut? Padahal dia yang paling tahu solusi apa yang kita butuhkan, tetapi kok perintahnya hanya bersabar dan sholat. Apakah dia Zat yang menciptakan kita telah salah memberikan nasihat/solusi kepada hambanya? Tentu tidak bukan, bahkan seratus persen kalimat tersebut pasti benar dan belum ada yang mampu membantahnya.

Kalau Alloh saja zat yang menciptakan kita memerintahkan kita untuk bersabar, kenapa kita harus kesal atau nyinyir kepada teman yang menasehati untuk bersabar. Padahal dia sedang menyampaikan firman Alloh yang agung walaupun secara tidak langsung. Kalau kita masih merasa kesal setelah tahu, bisa jadi kita kurang sabar sehingga solusi dari permasalahan kita pun tidak kunjung terlihat.

Seorang teman pernah berkata bahwa sabar itu meringankan yang berat dan mempermudah yang sulit. Sedangkan sholat itu menjadikan yang jauh menjadi dekat. Di dalam sholat kita dianjurkan untuk berdoa kepada Alloh, maka mintalah solusi dari permasalahn kita di dalam sholat. “Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa ketika itu”.

Semoga kita termasuk orang-orang yang sabar yang dirindukan oleh surga karena kesabaran kita dalam menjalankan amanah di muka bumi ini. Yakinlah setelah kesulitan itu ada kemudahan, kita hanya perlu sedikit bersabar sampai kemudahan itu datang.

Baca juga : Kenapa harus bersama


0 komentar:

Posting Komentar