Add

Sabtu, 09 Desember 2023

Cara Mudah Membuat Elektroskop Sederhana dan Langkah Percobaannya - Pena Kehidupan

Hallo saintis, pada percobaan sederhana kali ini kita akan membuat elektroskop sederhana yang berfungsi untuk mendeteksi muatan listrik pada benda bermuatan.

Setiap benda tersusun dari partikel-partikel yang sangat kecil yang dinamakan dengan atom. Suatu atom terdiri dari beberapa jenis muatan, yaitu muatan positif (proton), muatan negatif (elekktron), dan netral (neutron). Proton dan neutron terdapat di inti atom, sementara elektron mengelilingi inti. Dari ketiganya, elektron memiliki massa yang paling kecil. Karena massa yang kecil ini, elektron dapat dengan mudah berpindah dari satu atom ke atom lainnya, sedangkan proton sulit berpindah karena memiliki massa yang cukup besar dan energi ikat inti yang sangat besar pula.

Molekul akan saling tarik jika mereka memiliki muatan yang berbeda jenis, sementara mereka akan saling tolak jika muatan yang dimiliki sama jenisnya. Jika suatu molekul bermuatan netral didekatkan dengan molekul yang bermuatan, molekul tersebut dapat mengalami induksi muatan dan berinteraksi dengan molekul yang memiliki muatan tersebut.

Untuk mendeteksi adanya muatan dalam suatu benda atau molekul, kita dapat menggunakan alat ukur yang disebut elektrometer atau elektroskop. Elektroskop adalah alat yang dapat dipergunakan untuk mendeteksi apakah sebuah benda bermuatan listrik atau tidak, dan mendeteksi jenis muatan listrik benda. Dalam keadaan netral, daun elektroskop menguncup. Ketika bagian kepala elektroskop disentuh benda bermuatan positif, sejumlah muatan positif pada kepala ditolak dan bergerak menuju kedua daun elektroskop. Akibatnya, kedua daun elektroskop bermuatan positif (sejenis), sehingga daun elektroskop membuka karena saling tolak-menolak, dalam keadaan bermuatan positif ini, elektroskop dapat dipergunakan untuk mendeteksi jenis muatan sebuah benda.

Nah, sekarang kita akan melakukan percobaan sains sederhana untuk membuktikan adanya muatan pada benda-benda di sekitar kita. Penasaran bagaimana caranya? ikutin langkah-langkahnya berikut ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Botol kaca/plastik bekas
  • Kawat/tembaga
  • Alumunium foil 1,5 cm x 0,5 cm sebanyak 2 buah
  • Lilin mainan/plastisin
  • Sedotan kecil
  • Solder/paku

Langkah-langkah:

Pertama ambilah sebuah botol bekas , kemudian lubangi tengah tutupnya dengan menggunakan paku atau solder.

Langkah kedua, potong sedotan kurang lebih 2 cm, dan masukkan ke lubang yang sudah dibuat. Kamu juga bisa menambahkan perekat pada sedotan tersebut agar lebih stabil.

Buatlah kawat/tembaga menjadi spiral. kemudian masukkan kedalam sedotan yang telah direkatkan pada tutup botol tersebut.

Buatlah 2 buah alumunium foil berbentuk seperti daun, dan lubangi alumunium tersebut. untuk dikaitkaan di tembaga/kawat.

Setelah  itu tutuplah botol tersebut, dan rekatkan lagi dengan dengan isolasi hitam/plester.

Langkah Percobaan

  • Gosokan penggaris ke rambut kemudian dekatkan penggaris tersebut ke kepala elektroskop yang sudah dibuat, amati apa yang terjadi pada alumunium foil.
  • Kamu bisa menggunakan benda lain seperti balon atau sedotan plastik yang digosokan ke rambut untuk melihat hasil lainnya
Kesimpulan

Dari hasil percobaan yang telah dilakukan, dapat dibuktikan bahwa setiap benda memiliki muatan. Baik itu muatan positif atau negatif, Hal ini dapat dilihat dari aktivitas daun elektroskop yang membuka atau menutup. Jika daun membuka maka benda tersebut bermuatan karena adanya aktivitas tolak menolak dari muatan sejenis.

Untuk eksplorasi lebih lanjut, kamu bisa download lembar kerjanya secara gratis di sini.

0 komentar:

Posting Komentar