Add

Sabtu, 09 Desember 2023

7 Tahap Menuju Kebebasan Finansial - Pena Kehidupan

KEBEBASAN FINANSIAL

Saat ini kita sering mendengar istilah kebebasan finansial baik itu di postingan sosial media maupun video youtube. Kebebasan finansial sama dengan arti katanya yaitu bebas secara finansial dalam arti lain kita memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup kita.

Untuk bisa sampai ke sana kita wajib mengetahui tahapannya biar tahu apa yang harus dilakukan . Berikut adalah tujuh tahap menuju kebebasan finansial:

1. Tahap Dependen

Ciri pada tahap ini yaitu kamu masih meminta uang kepada orangtua dan bergantung hidup pada orang lain. tahap ini biasanya pada jenjang anak-anak sampai kamu kuliah. Saran untuk kamu yang di tahap ini adalah mencari ilmu, wawasan, pengalaman dan keahlian sebanyak-banyaknya.

2. Tahap mandiri

Ciri pada tahap ini yaitu kamu udah gak butuh orang lain untuk memenuhi kebutuhan finansial kamu. Simpelnya kamu udah bisa hidup tanpa minta uang ke orangtua. Namun, di tahap ini penghasilan kamu masih pas-pasan dan belum bisa menabung. Kamu hanya hidup dari gaji bulan ke bulan.

Saran untuk kamu yang ada pada tahap ini adalah hiduplah dengan hemat, sisihkan uang untuk investasi pada skill dan otakmu misalnya dengan membeli buku atau kursus. Perlu di ingat semakin tinggi  skill yang kamu miliki maka semakin tinggi pula nilai yang kamu punya. jangan lupa pada tahap ini juga kamu harus berusaha untuk meningkatkan income kamu.

3. Tahap Stabil

Ciri pada tahap ini yaitu kamu sudah memiliki pekerjaan yang nyaman, gaji sudah bisa memenuhi kebutuhan dan bisa disisihkan untuk ditabung. Namun kamu masih memiliki banyak kewajiban seperti bayar hutang, cicilan rumah atau kendaraan (tidak disarankan), atau kewajiban lain yang harus kamu penuhi.

4. Tahap Otonom

Pada tahap ini kamu sudah tidak memiliki utang, tidak ada kewajiban untuk dibayar, tabungan sudah cukup banyak. Pada tahap ini penghasilan kamu sudah cukup sehingga bisa hidup dengan sebagian kecil penghasilan dan menabung dengan sebagian besar penghasilan.

Ciri lainnya adalah "kamu masih bisa hidup berbulan-bulan meskipun keluar dari pekerjaan".

5. Tahap Aman

Ciri pada tahap ini yaitu kamu bisa hidup dari passive income untuk mengcover semua biaya hidup sehari-hari. Namun, belum bisa membeli barang-barang mewah sesuai keinginan. Pada tahap ini bisnis kamu bisa berjalan sendiri tanpa diawasi secara langsung, dan tabungan kamu sudah banyak banget sehingga bisa memilih untuk pensiun meskipun tidak bisa beli hal-hal mewah.

6. Bebas Finansial

Ciri pada tahap ini yaitu passive income kamu sudah bisa memenuhi standar hidup mewah. Kamu tidak perlu lagi berpikir untuk kerja atau menghasilkan uang. Tahap inilah yang biasanya dikejar oleh semua orang untuk bisa pensiun sedini mungkin dan "menikmati hidup". (kamu harus tetep menikmati hidup sebelum tahap ini yaa)

7. Kaya Raya

Pada tahap ini bisnis kamu sudah sangat besar, investasi sudah menghasilkan uang yang sangat banyak, dan kamu bisa menghidupi mewah keluarga sampai beberapa turunan.

Itulah tujuh tahap menuju kebebasan finansial, penting untuk kamu mengetahui sedang ada di posisi mana. Jika kamu adalah orang yang baru keluar dari tahap dependen, penting untuk membuat budgeting , menyiapkan dana darurat, menambah skill dan tentunya punya target yang ingin dicapai.

0 komentar:

Posting Komentar