Add

Rabu, 02 Desember 2020

PERKEMBANGAN DAN SEJARAH JOYSTICK

 kembali lagi dengan saya sebagai admin dari website yang telah saya buat, dan saya disini akan membagikan tentang perkembangan perangkat masukan yaitu joystick, baiklah karena disini saya mendapatkan tugas dari mata kuliah yang saya ambil maka berikut adalah sedikit artikel mengenai joystick:


Elemen-elemen joystick video game: 1. tongkat, 2. alas, 3. pemicu, 4. tombol ekstra, 5. sakelar autofire, 6. sakelar throttle, 7. sakelar topi (topi POV), 8. cangkir hisap.


JOYSTICK !

 Sejarah

Joystick listrik dua sumbu ditemukan oleh CB Mirick di Laboratorium Riset Angkatan Laut Amerika Serikat (NRL) dan dipatenkan pada tahun 1926 (US Patent no. 1.597.416) ". NRL secara aktif mengembangkan pesawat yang dikendalikan jarak jauh pada saat itu dan joystick tersebut mungkin digunakan untuk mendukung upaya ini. Dalam paten yang diberikan, Mirick menulis: "Sistem kendali saya khususnya dapat diterapkan dalam manuver pesawat tanpa pilot." 


Jerman mengembangkan joystick dua sumbu listrik sekitar tahun 1944. Perangkat itu digunakan sebagai bagian dari sistem pemancar kendali radio Funkgerät FuG 203 Kehl milik Jerman yang digunakan di pesawat pembom Jerman tertentu, digunakan untuk memandu rudal anti-kapal yang dikuatkan roket Henschel Hs 293 , dan amunisi berpemandu presisi tak bertenaga Fritz-X , melawan target maritim dan lainnya. Di sini, joystick pemancar Kehl digunakan oleh operator untuk mengarahkan misil ke sasarannya. Joystick ini memiliki sakelar on-off daripada sensor analog. Baik Hs 293 dan Fritz-X menggunakan penerima radio FuG 230 Straßburg di dalamnya untuk mengirim sinyal kendali Kehl ke permukaan kendali persenjataan. Unit joystick yang sebanding digunakan untuk amunisi kemudi Azon Amerika kontemporer, secara ketat untuk mengarahkan amunisi hanya di sumbu yaw. 


Penemuan Jerman ini diambil oleh seseorang dalam tim ilmuwan yang berkumpul di Heeresversuchsanstalt di Peenemünde . Di sini, bagian dari tim program roket Jerman sedang mengembangkan rudal Wasserfall , varian dari roket V-2 , rudal darat-ke-udara pertama . Peralatan kemudi Wasserfall mengubah sinyal listrik menjadi sinyal radio dan mengirimkannya ke rudal.

Prototipe pengendali tangan tipe joystick Project Gemini , 1962

Pada 1960-an penggunaan joystick tersebar luas dalam sistem pesawat model yang dikendalikan radio seperti Kwik Fly yang diproduksi oleh Phill Kraft (1964). Perusahaan Kraft Systems yang sekarang sudah tidak beroperasi akhirnya menjadi pemasok OEM joystick yang penting untuk industri komputer dan pengguna lainnya. Penggunaan pertama joystick di luar industri pesawat yang dikendalikan radio mungkin digunakan untuk mengontrol kursi roda bertenaga, seperti Permobil (1963). Selama periode ini NASA menggunakan joystick sebagai perangkat kontrol sebagai bagian dari misi Apollo. Misalnya, model uji pendarat bulan dikontrol dengan joystick.

Di banyak pesawat modern, misalnya semua pesawat Airbus yang dikembangkan dari tahun 1980-an, joystick telah menerima masa pakai baru untuk kontrol penerbangan dalam bentuk " tongkat samping ", pengontrol yang mirip dengan joystick game tetapi digunakan untuk mengontrol penerbangan, mengganti kuk tradisional. Sidestick menghemat berat, meningkatkan pergerakan dan visibilitas di kokpit, dan mungkin lebih aman dalam kecelakaan daripada "kuk kendali" tradisional.

Permainan elektronik

Produk CH Joystick analog Mach 2 seperti yang digunakan dengan banyak sistem komputer rumah awal. Kenop kecil untuk kalibrasi (mekanis), dan penggeser menggunakan pegas yang berpusat sendiri.

Ralph H. Baer , penemu konsol Magnavox Odyssey , dirilis pada tahun 1972, membuat joystick video game pertama pada tahun 1967. Mereka mampu mengontrol posisi horizontal dan vertikal dari sebuah titik yang ditampilkan di layar. Joystick game elektronik paling awal yang diketahui dengan tombol api dirilis oleh Sega sebagai bagian dari game arcade 1969 Missile , game simulasi penembak yang menggunakannya sebagai bagian dari skema kontrol ganda awal, di mana dua tombol arah digunakan untuk memindahkan tangki bermotor dan joystick dua arah digunakan untuk menembak dan mengarahkan rudal ke pesawat yang akan datang yang ditampilkan di layar; saat pesawat tertabrak, ledakan dianimasikan di layar bersama dengan suara ledakan. Pada tahun 1970, game ini dirilis di Amerika Utara sebagai SAMI oleh Midway Games . 

Taito merilis joystick empat arah sebagai bagian dari video game balap arcade mereka Astro Race pada tahun 1973, sementara game penembak multi-arah lari dan tembak tahun 1975 Western Gun memperkenalkan kontrol tongkat ganda dengan satu joystick delapan arah untuk gerakan dan yang lainnya untuk mengubah arah pemotretan. Di Amerika Utara, itu dirilis oleh Midway dengan judul Gun Fight . Pada tahun 1976, Taito merilis Interceptor , simulator penerbangan tempur orang pertama pertama yang melibatkan pengemudian jet tempur , menggunakan joystick delapan arah untuk membidik dengan crosshair dan menembak pesawat musuh.
Tampilan port komputer dari konektor standar Atari: 1. atas, 2. bawah, 3. kiri, 4. kanan, 5. ( pot y), [ rujukan? ] 6. tombol api, 7. +5 V DC, [ rujukan? dibutuhkan ] 8. tanah , 9. (pot x). [ butuh rujukan
Joystick standar Atari , dikembangkan untuk Atari 2600 , dirilis pada tahun 1977, adalah pengontrol digital, dengan satu tombol api. Porta joystick Atari selama bertahun-tahun merupakan spesifikasi joystick digital standar de facto . Joystick biasanya digunakan sebagai pengontrol di konsol game generasi pertama dan kedua , tetapi mereka digantikan oleh game pad yang sudah dikenal dengan Nintendo Entertainment System dan Sega Master System selama pertengahan 1980-an, meskipun joystick — terutama yang bergaya arcade — dulu dan sekarang add-on after-market yang populer untuk konsol apa pun. 

Pada tahun 1985, game penembak rel arcade orang ketiga dari Sega, Space Harrier, memperkenalkan tongkat penerbangan analog yang sebenarnya, yang digunakan untuk bergerak. Joystick dapat mencatat gerakan ke segala arah serta mengukur tingkat dorongan, yang dapat menggerakkan karakter pemain pada kecepatan yang berbeda tergantung pada seberapa jauh joystick didorong ke arah tertentu. 

Variasi yang berbeda dari joystick analog adalah senjata posisi , yang bekerja secara berbeda dari senapan ringan . Alih-alih menggunakan sensor cahaya, senjata posisi pada dasarnya adalah joystick analog yang dipasang di lokasi tetap yang mencatat posisi senjata untuk menentukan ke mana pemain membidik di layar. Ini sering digunakan untuk permainan senjata arcade , dengan contoh awal termasuk Sega 's Sea Devil pada tahun 1972; Serangan Taito pada tahun 1976; Cross Fire pada tahun 1977; dan Nintendo 's Batt pada tahun 1987.

Cyborg 3D Gold milik Saitek sekitar tahun 2000-an. Perhatikan throttle, tombol ekstra, dan sakelar topinya.



Selama tahun 1990-an, joystick seperti CH Products Flightstick , Gravis Phoenix , Microsoft SideWinder, Logitech WingMan, dan Thrustmaster FCS diminati oleh para gamer PC. Mereka dianggap sebagai prasyarat untuk simulator penerbangan seperti F-16 Fighting Falcon dan LHX Attack Chopper . Joystick menjadi sangat populer dengan kesuksesan utama game simulator penerbangan luar angkasa seperti X-Wing dan Wing Commander , serta 3D shooter Descent "Enam derajat kebebasan". Joystick VirPil Controls 'MongoosT-50 dirancang untuk meniru gaya pesawat Rusia (termasuk Sukhoi Su-35 dan Sukhoi Su-57 ), tidak seperti kebanyakan joystick penerbangan. 

Namun, sejak awal abad ke-21, jenis game ini telah berkurang popularitasnya dan sekarang dianggap sebagai genre "mati", dan dengan itu, joystick game telah direduksi menjadi produk khusus. Dalam NowGamer 'wawancara s dengan Jim Boone, seorang produser di Kemauan Inc., ia menyatakan bahwa Freespace 2 ' s penjualan yang buruk bisa saja karena joystick yang dijual buruk karena mereka "keluar dari mode" karena penembak orang pertama yang lebih modern, seperti Quake , "sangat menyukai mouse dan keyboard". Dia melanjutkan dengan menyatakan "Sebelumnya, ketika kami melakukan Descent misalnya, sangat umum bagi orang untuk memiliki joystick - kami menjual banyak salinan Descent. Sekitar waktu itu [ketika] FPS yang lebih modern dengan mouse dan keyboard keluar, bukan hanya keyboard seperti Wolfenstein [3D] atau semacamnya. ".

Sejak akhir 1990-an, stik analog (atau stik, karena mereka dikendalikan oleh jempol seseorang) telah menjadi standar pada kontroler untuk konsol video game, yang dipopulerkan oleh Nintendo 's Nintendo 64 pengontrol , dan memiliki kemampuan untuk menunjukkan tongkat ini perpindahan dari posisi netralnya. Ini berarti bahwa perangkat lunak tidak harus melacak posisi atau memperkirakan kecepatan pergerakan kontrol. Perangkat ini biasanya menggunakan potensiometer untuk menentukan posisi tongkat, meskipun beberapa model yang lebih baru malah menggunakan sensor efek Hall untuk keandalan yang lebih besar dan ukuran yang lebih kecil.

Pada tahun 1997, ThrustMaster, Inc. memperkenalkan pengontrol terprogram 3D, yang diintegrasikan ke dalam permainan komputer untuk mengalami simulasi penerbangan. Garis ini mengadaptasi beberapa aspek RHC (Rotational Hand Controller) NASA, yang digunakan untuk metode pendaratan dan navigasi.

Tongkat arcade

Tongkat arcade adalah pengontrol format besar untuk digunakan dengan konsol rumah atau komputer. Mereka menggunakan konfigurasi tongkat dan tombol dari beberapa lemari arcade , seperti yang memiliki pengaturan multi-tombol tertentu. Misalnya, tata letak enam tombol dari game arcade Street Fighter II atau Mortal Kombat tidak dapat ditiru dengan nyaman di joypad konsol, jadi stik arcade rumah berlisensi untuk game ini telah diproduksi untuk konsol rumah dan PC.

Sakelar topi


Sakelar topi - di atas, berwarna hijau

Sakelar topi adalah kontrol pada beberapa tuas kendali. Ini juga dikenal sebagai sakelar POV (sudut pandang). Hal ini memungkinkan seseorang untuk melihat-lihat di dunia virtualnya, melihat-lihat menu, dll. Misalnya, banyak simulator penerbangan menggunakannya untuk mengalihkan pandangan pemain, sementara game lain terkadang menggunakannya sebagai pengganti D-pad . Gamepad komputer dengan tongkat analog dan D-pad biasanya menetapkan kode pindai sakelar POV ke yang terakhir.

Istilah saklar topi adalah kependekan dari istilah "saklar topi kuli ", dinamai tutup kepala yang mirip . 

Di pesawat sungguhan, sakelar topi dapat mengontrol hal-hal seperti aileron atau elevator trim.

Kamera

Selain tombol, roda dan dial serta layar sentuh, joystick mini juga telah dibuat untuk pengoperasian manual kamera yang efisien.

Joystick mini pada kamera mirrorless dengan lensa yang dapat ditukar


Di samping jendela bidik elektronik untuk dioperasikan dengan ibu jari kanan





sumber materi


0 komentar:

Posting Komentar